Penggunaan Pasal TPPU Diyakini Buat Koruptor Jera - Portal Berita
Headlines News :
Home » » Penggunaan Pasal TPPU Diyakini Buat Koruptor Jera

Penggunaan Pasal TPPU Diyakini Buat Koruptor Jera

Written By Demo on Senin, 30 April 2012 | 16.32

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR, Nasir Djamil meyakini penggunaan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) akan memberikan efek jera terhadap koruptor.

"Penggunaan TPPU bisa menjadi pintu masuk pada penerapan pembuktian terbalik terhadap kekayaan-kekayaan tersangka yang tidak wajar atau tidak bisa dijelaskan asal usulnya," kata wakil ketua Komisi III, Nasir Djamil saat dihubungi wartawan di DPR, Jakarta, Senin (30/04/2012).

Penggunaan pasal ini terbukti efektif untuk memberikan efek jera. Karena pelaku kasus korupsi tidak hanya menjalani hukuman tahanan, melainkan juga penyitaan terhadap harta kekayaannya.

"Apalagi kalau melihat vonis Gayus Tambunan dan Bahasyim, dengan menggunakan UU TPPU, tidak hanya kemudian dipenjara sebagai bentuk hukuman efek jera, tapi juga memiskinkanya dengan merampas harta-harta yang dimiliki yang tidak jelas sumbernya," imbuh Nasir.

Lebih lanjut Nasir menyatakan bahwa apabila penyidik telah menemukan bukti yang cukup, maka penyidik bisa menggabungkan dakwaan atas korupsi dan pencucian uang secara komulatif.

"Oleh karena itu,  bila penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup terjadinya pencucian uang dan tindak pidana korupsinya sebagai tindak pidana asal, maka berdasarkan pasal 75 UU TPPU, penyidik bisa menggabungkan keduanya secara kumulatif saat menyusun berkas," papar Nasir. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

topads

Sport

sport
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger