Cara Melatih Otak Menjadi “Mesin Ide” - Portal Berita
Headlines News :
Home » » Cara Melatih Otak Menjadi “Mesin Ide”

Cara Melatih Otak Menjadi “Mesin Ide”

Written By Demo on Rabu, 30 Mei 2012 | 17.45

Anda mungkin merasa normal saja bila mendengar seseorang yang sudah berusia tengah baya mengeluh bahwa kepandaiannya menurun, bahwa otaknya sekarang “sudah karatan”. Atau mungkin Anda heran karena Anda yang dulunya jago main catur sekarang merasa kemampuan bercatur Anda merosot setelah bertahun-tahun lamanya tidak berlatih. Tampaknya tidak mengherankan bila Anda kemudian menuding bahwa otak Anda kini sudah aus, menua, lamban, dan sebagainya.

Namun, otak yang merupakan organ paling menakjubkan dalam tubuh manusia ternyata adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang kinerjanya tidak bergantung pada usia.

Otak tidak mungkin aus, “berkarat”, atau mengerut. Struktur otak tidaklah kaku, otak sangat dinamis, selalu berubah setiap saat. Kalaupun kemampuan otak terasa menurun, itu disebabkan oleh tidak dilatihnya otak dalam jangka waktu yang lama.

Ada dua hal sederhana tentang penciptaan ide di dunia:

Semua ide yang tercipta adalah kombinasi dari ide lama.
Cara untuk mendapatkan ide adalah mempelajari prinsip bagaimana sesuatu terjadi karena setiap hal yang terjadi dalam hidup ini pasti ada sesuatu yang menyebabkannya terjadi (hukum sebab akibat), yang dinamakan elemen dasar.


Caranya:

Ciptakan curiousity atau rasa ingin tahu yang tinggi
Peka terhadap keadaan disekeliling


Ajukan pertanyaan terhadap apa yang terjadi disekitar kita yang Anda anggap menarik ataupun sebagai sebuah ide awal. Contoh pertanyaan:

Apakah yang menyebabkan ini terjadi?
Dasarnya apa?
Apakah fundamentalnya?
Kuasai cara bertanya yang kreatif.



Pertanyaan yang memunculkan ide-ide baru:

Ketika melihat sebuah iklan yang kreatif, kita bisa bertanya bagaimana prinsip dasar yang membuat iklan ini menarik? Apa yang membuatnya tertarik? Ilustrasi? Marketnya siapa? Tujuannya? Kenapa dia memilih temanya?
Ketika melihat seseorang yang berhasil, kita bisa bertanya apakah yang membuat dia berhasil? Caranya? Keyakinannya?
Setelah dapat maka Anda bisa menuliskannya di secarik kertas dan bisa Anda pelajari dan bisa juga Anda kombinasikan dengan ide Anda yang lain. Semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

topads

Sport

sport
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger