Ruang Baru Banggar Simbol Hilangnya Sensitivitas - Portal Berita
Headlines News :
Home » » Ruang Baru Banggar Simbol Hilangnya Sensitivitas

Ruang Baru Banggar Simbol Hilangnya Sensitivitas

Written By Demo on Rabu, 11 Januari 2012 | 02.28


Jakarta - Lembaga perwakilan rakyat kembali membuat berita. Alih-alih prestasi seperti target legislasi yang tercapai, namun lagi-lagi terkait proyek pembangunan. Kali ini pembangunan ruang Badan Anggaran (Banggar) di Gedung Nusantara II DPR yang menelan anggaran Rp20 miliar.
"Ini ada korupsinya. Gila, Rp20 miliar untuk renovasi, dana ini untuk membangun gedung baru sudah bisa," kata anggota Komisi III Sarifudding Suding dengan wajah muram dan suaranya bernada geram. saat bersama INILAH.COM melihat ke ruangan baru Banggar, Rabu (11/1/2012) pagi.
Ekspresi kekecewaan Sarifuddin Suding bisa saja akan melanda siapapun yang melongok ruangan Banggar tersebut. Meski renovasi ruang Badan Anggaran (Banggar) belum rampung, namun aroma kemewahan langsung terasa di ruangan yang terletak di antara Komisi I, Komisi VII, dan Komisi III di gedung Nusantara II DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta itu.
Kemewahan itu dapat dilihat dari tiga layar yang terpasang di sisi atas ruangan sidang pembahasan anggaran negara itu. Furnitur di ruangan tersebut juga berkelas, khas minimalis. Lampu di ruangan itu, selain berfungsi menjadi penerang, ada fungsi aksesorinya. Yang tak kalah mewah, di ruangan pimpinan Banggar, lampu ruangan disebut-sebut seharga ratusan juta.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Nining Indra Saleh menyebutkan renovasi ruang Badan Anggaran sesuai perundang-undangan yang berlaku. "Sesuai dengan PP No 6 Tahun 2002 tentang pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah," katanya dalam jumpa pers di gedung DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2012).
Nining melanjutkan, ruangan Banggar di desain sesuai kebutuhan anggota Banggar dan perkembangan zaman seperti saat ini. Kerja anggota Banggar yang dilakukan dari siang hingga larut malam, termasuk menampung pemerintah. "Apalagi memang dari awal, ruangan Banggar didesain di gedung Nusantara II," tambah Nining.
Perempuan yang kerap menjadi saksi di KPK dalam berberapa kasus korupsi yang melibatkan anggota DPR ini menambahkan anggaran sebesar Rp20miliar diperuntukkan renovasi ruangan, furnitur, termasuk sistem informasi tekhnologi (IT). "Harganya ada standardnya dan kita tenderkan. PT Gubah Laras sebagai konsultan yang dulu juga kita pakai," ucap Nining.
Ketika ditanya mengapa ruang Banggar berbeda dengan ruangan komisi atau alat kelengkapan DPR lainnya, Nining berdalih perbedaan ruang Banggar dikarenakan disesuaikan dengan perkembangan zaman.
"Ruangan dulu kan juga disesuaikan dengan perkembangan zaman saat itu. Nah saat ini di-setting disesuaikan dengan perkembangan saat ini. Tidak fair juga kalau disamakan dengan ruangan yang lama," kelit Nining.
Kepala Biro Pemiliharaan Bangunan dan Instalasi Setjen DPR RI Sumirat mengatakan renovasi ruang banggar semata-mata dilakukan atas permintaan Banggar yang menilai ruangan lama tidak lagi representatif. "Seperti suara di ruangan gaung, echo," ucap Sumirat yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek ini.
Koordinator Investigasi dan Advokasi Fitra Uchok Sky Khadafy mengatakan sangat prihatin dengan renovasi ruang rapat Banggar sebesar Rp20 miliar. Seharusnya, kata Uchok Banggar, pada tahun 2012 bukan mengutamakan pembangunan ruang rapat, tetapi lebih mengutamakan dan memperjuangkan kebijakan anggaran pro rakyat. [mdr]
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

topads

Sport

sport
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Portal Berita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger